sop pengujian jmf beton upt labor

By Admin 28 Nov 2017, 11:54:01 WIB UPTD Labor & Pengujian
sop pengujian jmf beton upt labor

Job Mix Formula (JMF) adalah proses merancang dan memilih bahan yang cocok dan menentukan proporsi relatif dengan tujuan memproduksi beton dengan kekuatan tertentu, daya tahan tertentu dan se ekonomis mungkin.

Rancangan campuran beton bukanlah tugas sederhana karena sifat yang sangat beragam dari material penyusunnya, kondisi yang ada di tempat kerja, khususnya kondisi eksposur, dan kondisi yang dituntut untuk pekerjaan tertentu.

Rencana Campuran Beton membutuhkan pengetahuan lengkap dari berbagai properti bahan bahan penyusunnya, Ini membuat tugas perencanaan campuran yang lebih kompleks dan sulit. Rencana campuran beton tidak hanya membutuhkan pengetahuan tentang sifat material dan sifat beton dalam kondisi plastik tetapi juga membutuhkan pengetahuan yang lebih luas dan pengalaman dari perkerasan. Bahkan proporsi bahan beton di laboratorium memerlukan penyesuaian modifikasi dan kembali disesuaikan dengan kondisi lapangan.

Dengan pemahaman yang lebih baik dari sifat, beton ini menjadi bahan yang lebih tepat daripada di masa lalu. Perancang Struktur menentukan kekuatan minimum tertentu dari rencana campuran beton dengan pengetahuan bahan, kondisi lokasi dan standar pengawasan yang tersedia pada tempat kerja untuk mencapai kekuatan minimum dan daya tahan yang baik.

Selanjutnya, site engineer diharuskan membuat beton di lokasi, mengikuti parameter yang disarankan oleh perencana campuran untuk mencapai kekuatan yang ditentukan dan juga membuat kubus atau silinder dalam jumlah yang cukup untuk diuji kuat tekannya kemudian mengkonfirmasikan pencapaian kekuatannya kepada penanggung jawab pekerjaan. Perancang campuran sebelumnya juga telah membuat kubus percobaan dengan bahan yang representatif untuk sampai pada nilai standar atau koevisien variasi untuk digunakan dalam perencanaan campuran.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 4 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment