SMART
Apa itu SMART ?

By Admin 20 Feb 2019, 15:40:31 WIB Jasa Konstruksi & Peralatan
 SMART


Apa itu S.M.A.R.T. ?
Suatu cara untuk menetapkan tujuan yaitu dengan 5 Langkah (S M A R T)

Menuliskan sasaran pribadi butuh disiplin. Relatif mudah untuk menghayal, berangan-angan atau menginginkan sesuatu dalam hidup ini, tapi menuliskannya butuh disiplin. Mengapa banyak yang gagal dalam hidup karena gagal menuliskan tujuan hidupnya. Kita bisa teringat ketika ada yang membicarakannya, tapi lagi-lagi kita sering gagal untuk menuliskannya. Bahkan sekalipun sudah ditulis, masih sering kita terjebak dalam rutinitas kehidupan sehari-hari. Kita melupakan apa tujuan hidup kita. Jadi, diperlukan perhatian khusus dan tindakan segera untuk menuliskan apa yang ingin dicapai. 

Kita patut bersyukur pada sosok-sosok yang telah berpikir untuk membuat istilah yang mudah diingat untuk merumuskan target yang mau dicapai. Istilah SMART misalnya. Saya akan menyegarkan Anda mengenai istilah ini dan memperkenalkannya bagi Anda yang baru mendengarnya.

Langkah Peratama huruf S

S adalah singkatan dari ‘specific.’ Artinya, sasaran pribadi Anda harus jelas. Sulit mengambil langkah-langkah praktis bila tujuan Anda tidak jelas. Membaca buku misalnya, dapat memberikan ide apa yang akan dilakukan, tapi masih memberikan banyak kemungkinan. Bila sasarannya dipersempit menjadi ‘membaca buku sejarah’- ini memberikan tindakan yang lebih jelas. Pilihan Anda dipersempit; Anda tidak akan membaca buku Matematika, Fisika, Kimia, Biologi atau buku-buku lain. Membaca buku sejarah Indonesia- ini lebih jelas lagi. Ini bisa berarti Anda membaca buku Menjadi Indonesia, yang ditulis oleh Parakitri T. Simbolon, terbitan Gramedia, yang tebalnya kira-kira 800 halaman

Langkah Kedua huruf M

M adalah singkatan dari measurable.Artinya, sasaran pribadi Anda harus terukur. Ada yang membuat ukuran berupa waktu, kualitas, uang, dan ukuran lainnya sesuai dengan kebutuhan. Mengambil contoh sebelumnya, Anda akan membaca buku Menjadi Indonesia sampai selesai dalam waktu satu bulan.

Langkah Ketiga huruf A

A adalah singkatan dari aggressive.Artinya, tujuan Anda cukup menantang dan ada perkembangan dalam kurun waktu tertentu. Misalnya, Anda membaca buku Menjadi Indonesia sebanyak 25 halaman setiap hari. 

Langkah Keempat huruf R

R adalah singkatan dari realistics. Artinya, Anda memiliki waktu untuk membaca 25 halaman setiap hari. Bila Anda mempunyai kesibukan yang sangat banyak- membaca buku sebanyak 25 halaman setiap hari mungkin tidak realistis. 

Langkah Kelima huruf T

T adalah singkatan dari time-bound.Artinya, tujuan Anda akan dicapai dalam kurun waktu tertentu. Misalnya, Anda selesai membaca buku Menjadi Indonesia dalam waktu satu bulan. 

Dengan paparan istilah SMART di atas, saya harap Anda mempunyai gambaran tentang bagaimana merumuskan tujuan hidup pribadi Anda.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment